Assalamuaalaikum Warahmatullah

Kamis, 30 April 2015

Sistem Ekonomi dan Sistem Politik


  Materi 1
Sistem Ekonomi Indonesia

 1.2 Sistem Ekonomi dan Sistem Politik

        Suatu sistem ekonomi tidaklah berdiri sendiri. Ia berkaitan dengan falsafah,pandangan dan pola hidup masyarakat tempatnya berpijak. Sebagai bagian dari suprasistem kehidupan, sistem ekonomi berkaitan erat dengan sistem-sistem sosial lain yang berlangsung di dalam masyarakat. Terdapat kecenderungan umum bahwa setiap ekonomi di sebuah negara “ bergandengan tangan “ dengan sistem politik di negara bersangkutan, ideologi ekonomi berjalan seiring dengan ideology politik.
            Sistem ekonomi adalah suatu sistem yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antarmanusia dengan seperangkat kelembagaan, dalam suatu tatanan kehidupan. Sistem ekonomi terdiri atas unsur-unsur manusia sebagai subjek dan barang-barang ekonomi sebagai objek, serta seperangkat kelembagaan yang mengatur dan menjalinnya dalam kegiatan berekonomi. Sistem ekonomi suatu negara dikatakan bersifat khas, sehigga bisa dibedakan dari sistem ekonomi yang berlaku atau diterapkan dinegara lain, berdasarkan beberapa sudut tinjauan seperti :
1.      Sistem pemilikan sumber daya atau faktor-faktor produksi.
2.      Keleluasaan masyarakat untuk saling berkompetisi satu sama lain dan untuk menerima imbalan atas pretasi kerjanya.
3.      Kadar peranan pemerintah dalam mengatur, mengarahkan, dan merencanakan kehidupan bisnis dan perekonomian pada umumnya.

Sumber:

-          sap.gunadarma.ac.id

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar