Assalamuaalaikum Warahmatullah

Rabu, 01 November 2017

Budaya Etika



            Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, yang dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Etika adalah suatu sikap dan perilaku yang menunjukkan kesediaan dan kesanggupan seseorang secara sadar untuk mentaati ketentuan dan norma kehidupan yang berlaku dalam suatu kelompok masyarakat atau suatu organisasi. Budaya dan etika pada umumnya tidak dapat dipisahkan, karena keduanya merupakan cover dari sebuah organisasi atau perusahaan.
            Tujuan dari budaya etika adalah untuk meningkatkan kualitas kecerdasan emosional, spiritual dan budaya yang diperlukan oleh setiap pemimpin bisnis sehingga dapat memperlancar proses pengelolaan bisnis yang digeluti. Oleh karena itu banyak yang meyakini bahwa hanya budaya etikalah yang dapat menyelamatkan bisnis di masa yang akan datang. Hal ini muncul dari hikmah atas peristiwa krisis ekonomi dan keuangan dunia yang berawal di Amerika dimana penyebab utama dari peristiwa tersebut adalah tidak berjalannya etika bisnis dengan dukungan manajemen risiko yang kuat, dari peristiwa krisis itulah maka pada saat ini para pemain bisnis global semakin menyadari pentingnya mengembangkan budaya etika. Di Indonesia, pengembangan budaya etika masih belum banyak diterapkan di perusahaan-perusahaan. Perusahaan yang sudah menerapkan budaya etika pada dasarnya akan memiliki kemampuan untuk :
  • Memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang cara mengembangkan budaya perusahaan
  • Memberikan rekomendasi dalam pembuatan kebijakan pengembangan budaya perusahaan dan pemecahan masalah yang terkait dengan upaya cara pengembangan budaya perusahaan

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
https://id.wikipedia.org/wiki/Etika
http://platinumtraining.co.id/human-resources/200-budaya-etika/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar