Assalamuaalaikum Warahmatullah

Rabu, 11 November 2015

Penipuan

           Indonesia, sebuah Negara berkembang yang memiliki banyak penduduk dan dikenal sebagai Negara agraris didunia. Apabila membicarakan masalah perekonomian, Indonesia masih jauh dari kata aman, sebab Indonesia masih berada dalam garis kemiskinan. Padahal Indonesia adalah sebuah Negara yang kaya akan sumber daya alamnya, kurangnya keterampilan SDM dan banyaknya hutang di Indonesia menyebabkan negeri kita ini sangat jauh tertinggal dari Negara maju yang sudah aman perekonomiannya.
            Berbicara masalah lemahnya perekonomian di Indonesia, masyarakat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan berbagai cara, karena kurangnya kreatifitas sumber daya manusia dan  kurangnya lapangan pekerjaan, banyak sekali masyarakat yang menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan uang agar dapat memenuhi segala macam kebutuhan hidupnya, termasuk salah satunya melakukan penyimpangan social berupa penipuan.
            Pengertian dari Penipuan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dari kata dasar penipuan yaitu tipu adalah perbuatan atau perkataan yang tidak jujur (bohong, palsu, dan sebagainya) dengan maksud untuk menyesatkan, mengakali, atau mencari untung. Sedangkan penipuan adalah proses, perbuatan, cara menipu.
Seseorang yang melakukan suatu tindakan dengan mengatakan yang tidak sebenarnya kepada orang lain tentang suatu  berita, kejadian, pesan dan lain-lain yang dengan maksud-maksud tertentu yang ingin dicapainya adalah suatu tindakan penipuan atau seseorang yang melakukan tindakan-tindakan yang bersifat menipu untuk memberikan kesan bahwa sesuatu itu benar dan tidak palsu, untuk kemudian mendapat kepercayaan dari orang lain.
Tindak pidana penipuan sangatlah sering terjadi di lingkungan masyarakat, untuk memenuhi kebutuhan atau keuntungan seseorang dapat melakukan suatu tindak pidana penipuan. Di Indonesia seringnya terjadi tindak pidana penipuan dikarenakan banyak Faktor-faktor yang mendukung terjadinya suatu tindakan penipuan, misalnya karena kemajuan teknologi sehingga dengan mudah melakukan tindakan penipuan, keadaan ekonomi yang kurang sehingga memaksa seseorang untuk melakukan penipuan, terlibat suatu utang dan lain sebagainya.
Seseorang yang melakukan suatu tindak pidana penipuan biasanya melakukan beberapa cara-cara antara lain dengan pelayanan, suatu contoh perolehan pelayanan melalui penipuan misalnya dalam konteks komputer adalah apabila seseorang menggunakan tanpa hak sebuah sistem yang biasanya harus membayar seperti Prestel, persoalan tentang siapa yang yang telah ditipu masih tetap ada, tetapi apabila seseorang telah menipu orang lain dengan cara mengatakan bahwa ia memiliki izin sah untuk menggunakan terminal yang biasanya dipakai untuk akses ke dalam system.
            Penipuan yang terjadi di Indonesia sudah banyak sekali macamnya, salah satunya adalah penipuan yang terjadi dijejaring internert. Kemajuan teknologi, khususnya internet yang terjadi dalam dekade terakhir membuat banyak kemudahan tersedia untuk pengguna internet. Salah satunya adalah kemudahan dalam berbelanja atau bertransaksi secara Online. Bagi anda yang gemar belanja atau mencari barang-barang yang dibutuhkan cukup “berselancar” di dunia maya dan bisa menemukan barang-barang yang dikehendaki. Di lain sisi, Penjual cukup menawarkan barang dengan postingan (biasanya di forum-forum jual-beli atau media sosial seperti facebook) dan mencantumkan contak person untuk dihubungi jika ada yang berminat untuk membeli.
            Cara belanja/berjualan secara online sangat membantu bagi penjual atau pembeli yang terpisah jarak dan juga dapat menghapus kendala menghabiskan waktu dalam berbelanja. Cukup dengan menghubungi penjual, sepakat dengan harga, pembeli membayar (biasanya transfer) lalu penjual mengirimkan barang, pembeli bisa mendapatkan barang yang diinginkan. Namun ringkasnya dan “terlalu” mudahnya cara berbelanja online ternyata memberi celah bagi oknum-oknum tertentu untuk melakukan penipuan. Tidak sedikit calon pembeli maupun penjual tertipu dan mengalami kerugian finansial yang tidak sedikit. Banyak cara atau motif oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.
Bukan hanya seratus atau dua ratus orang bahkan jutaan orang pernah menjadi korban penipuan di internet. Dan ratusan juta dollar melayang berpindah tangan, memang banyak diakui perilaku menyimpang ini juga marak terjadi. Sangat banyak jalan untuk melakukan penipuan lewat internet. Dan sebagian besar melalui sarana email. Misalnya kita menerima kita menerima email-email yang mengatasnamakan suatu lembaga tertentu, meminta sumbangan meminta data-data rekening bank, data-data pribadi dengan alasan memperoleh hadiah atau yang lainnya. Waspadailah, email menjadi sarana mudah untuk menjerat korban penipuan dari pemakai internet yang kurang jeli. Bila menerima email tidak jelas jangan diklik link tautan yang diberikan, delete saja langsung, jangan ambil resiko. Facebook juga rawan terhadap penipuan seperti media media lainnya, Apalagi bagi anak anak pelajar yang kurang mengerti tentang seluk beluk dunia internet. Bagi si penipu sendiri, kondisi dunia maya yang serba anonim jelas sangat menguntungkan. Belakangan penipuan via facebook kian merajalela.

            Penipuan Via SMS, Setelah kasus sedot pulsa mereda, pengguna ponsel diresahkan oleh hadirnya sejumlah SMS penipuan yang dikirim dari nomor panjang (bukan short code) operator telekomunikasi. Hal ini sangat meresahkan, karena tidak semua pengguna ponsel berlatar belakang pendidikan tinggi, sehingga masyarakat di pedesaan yang berpendidikan rendah bisa jadi tertipu.

            SMS penipuan itu biasanya berupa informasi pemenang kuis, SMS yang pura-pura nyasar tentang transfer uang, minta pulsa dengan kalimat genit, rayuan agar penerima menelepon ke premium call, dan lainnya. Terkait dengan maraknya SMS penipuan tersebut, muncul pesan di BlackBerry Messenger broadcast mengenai cara memblokir nomor ponsel pelaku SMS penipuan dari berbagai operator telekomunikasi. Munculnya layanan blokir nomor penipu mengundang kekhawatiran setiap orang bisa seenaknya memblokir nomor orang lain.

            Karena modus penipuan yang booming saat ini adalah penipuan via SMS, maka yang dibahas dalam hal ini adalah tips menghindari penipuan via SMS. Adapun tips adalah sebagai berikut :
1.      Jika mendapatkan SMS yang isinya tertarik beli rumah dan tanah, tertarik beli mobil, tertarik beli motor dan kita disuruh menghubungi mereka, sebaiknya tidak usah dihiraukan karena mereka sudah jelas mau menipu kita. Logikanya adalah masa penjual yang disuruh menghubungi pembeli? Bagaimana kita yakin mereka memiliki dana untuk membeli rumah dan tanah, mobil atau mobil kita kalau untuk menelepon saja mereka merasa rugi mengeluarkan pulsa. Jika  menghubungi mereka, maka mereka mengatakan sangat tertarik dengan rumah dan tanah, mobil atau motor anda dan   meminta nomor rekening anda untuk mentransfer uang muka. Jika anda memberikan nomor rekening, maka beberapa menit kemudian mereka mengatakan sudah mentransfer dana, padahal dana sama sekali tidak ditransfer dan mereka ngotot pada anda bahwa uang muka sudah ditransfer jika anda mengatakan dana  tidak masuk dan ujung-ujungnya mereka akan mengatakan pada bahwa jaringan bank bermasalah dan anda tetap disuruh menunggu di ATM kemudian  menghubungkan anda dengan customer service bank (customer service abal-abal) untuk menuntun anda untuk mendapatkan  transfer dana. Jika anda terus mengikuti instruksi mereka maka langkah pertama anda akan ditanya jumlah dana yang ada di rekening anda sebelum mereka transfer, kemudian anda disuruh memencet tombol bahasa inggris dan memencet transfer to kemudian disuruh mengisi nomor rekening mereka dan jumlah dana yang akan ditransfer pada nomor rekening mereka dan selanjutnya disuruh pencet tombol transfer. Dengan demikian anda sudah sukses mentransfer dana pada mereka dan anda sudah tertipu.  Jika anda telanjur tertipu, jangan panik dan secepatnya anda menghubungi customer service bank anda dan melapor ke kantor polisi terdekat untuk  memblokir nomor rekening penipu tersebut dan selanjutnya meminta pengembalian dana yang sudah terlanjur ditransfer ke nomor rekening penipu.
2.      Jika anda mendapatkan SMS yang menyatakan anda memenangkan hadiah dari TELKOMSEL atau Tabungan Haji dari PT. Sidomuncul, maka sebaiknya tidak usah ditanggapi, karena hal itu 100% adalah penipuan.
3.      Jika anda mendapatkan SMS yang menjual Blackberry, IPAD, Laptop, dan Handphone murah, sebaiknya tidak usah ditanggapi karena itu 100% adalah penipuan.
4.      Jika anda mendapatkan SMS jasa travel, misalnya www.asiatravel.com, www.lion-airtravel.com, www.cahayatourtravel.com (kemungkinan mereka ini satu orang atau satu komplotan) jangan ditanggapi, karena hal itu 100% adalah penipuan. Jika anda memesan tiket pada mereka dan kemudian transfer dana, maka anda tidak akan mendapatkan tiket. 
5.      Jika anda mendapatkan SMS tolong isi pulsa, sebaiknya tidak usah ditanggapi karena hal itu adalah 100% penipuan.
6.      Jika anda mendapatkan SMS yang berbunyi "kirimkan saja dana ke nomor rekening ini" sebaiknya tidak usah ditanggapi, karena hal itu adalah 100% penipuan.
7.      Jika anda mendapatkan SMS yang mengatakan bahwa keluarga anda mengalami kecelakaan dan meminta transfer dana untuk melakukan operasi,  jangan langsung  panik, tapi langsung menghubungi keluarga kita yang dibilang mengalami kecelakaan apakah benar mengalami kecelakaan atau tidak. Kebanyakan SMS yang bunyinya sebagaimana yang disebutkan di atas adalah  penipuan. 

Selalu waspada dan tetap hati-hati, karena kejahatan bisa berasal dari mana saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar