Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, yang dimiliki bersama
oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Etika
adalah suatu sikap dan perilaku yang menunjukkan kesediaan dan kesanggupan
seseorang secara sadar untuk mentaati ketentuan dan norma kehidupan yang
berlaku dalam suatu kelompok masyarakat atau suatu organisasi. Budaya dan etika
pada umumnya tidak dapat dipisahkan, karena keduanya merupakan cover dari
sebuah organisasi atau perusahaan.
Tujuan dari budaya
etika adalah untuk meningkatkan kualitas kecerdasan emosional, spiritual dan
budaya yang diperlukan oleh setiap pemimpin bisnis sehingga dapat memperlancar
proses pengelolaan bisnis yang digeluti. Oleh karena itu banyak yang meyakini
bahwa hanya budaya etikalah yang dapat menyelamatkan bisnis di masa yang akan
datang. Hal ini muncul dari hikmah atas peristiwa krisis ekonomi dan keuangan
dunia yang berawal di Amerika dimana penyebab utama dari peristiwa tersebut
adalah tidak berjalannya etika bisnis dengan dukungan manajemen risiko yang
kuat, dari peristiwa krisis itulah maka pada saat ini para pemain bisnis global
semakin menyadari pentingnya mengembangkan budaya etika. Di Indonesia, pengembangan
budaya etika masih belum banyak diterapkan di perusahaan-perusahaan. Perusahaan
yang sudah menerapkan budaya etika pada dasarnya akan memiliki kemampuan untuk
:
- Memiliki pengetahuan dan keterampilan tentang cara mengembangkan budaya perusahaan
- Memberikan rekomendasi dalam pembuatan kebijakan pengembangan budaya perusahaan dan pemecahan masalah yang terkait dengan upaya cara pengembangan budaya perusahaan
Sumber
:
https://id.wikipedia.org/wiki/Budaya
https://id.wikipedia.org/wiki/Etika
http://platinumtraining.co.id/human-resources/200-budaya-etika/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar