Minggu, 22 November 2015

Khadijah Binti Khuwailid

       Khadijah hidup dan besar dilingkungan Suku Quraisy dan lahir dari keluarga terhormat pada lima belas tahun sabelum Tahun Gajah, sehingga banyak pemuda Quraisy yang ingin mempersuntingnya. Sebelum menikah dengan Rasulullah, Khadijah pernah dua kali menikah. Suami pertama Khadijah adalah Abu Halah at-Tamimi, yang wafat dengan meninggalkan kekayaan yang banyak, juga jaringan perniagaan yang luas dan berkembang. Pernikahan kedua Khadijah adalah dengan Atiq bin Aidz bin Makhzum, yang juga wafat dengan meninggalkan harta dan perniagaan. Dengan demikian, Khadijah menjadi orang terkaya dikalangan Quraisy.
            Sebagaimana sabda Rasululla SAW: “Sebaik-baik wanita surge adalah Maryam binti Imran dan Khadijah binti Khuwailid.” Khadijah adalah wanita pertama yang hatinya tersirami keimanan dan dikhususkan Allah untuk memberikan keturunan Rasulullah, menjadi wanita pertama yang menjadi Ummahatul Mukminin, yang merasakan berbagai kesusahan pada awal jihad penyebaran agama Allah kepada seluruh umat manusia.          Sayyidah Khadijah dikenal dengan julukan wanita suci sejak perkawinannya dengan Abu Halah dan Atiq bin Aidz karena keutamaan akhlak dan sifat terpujinya. Karena itu, tidak heran jika kalangan Quraisy memberikan penghargaan dan berupa penghormatan yang tinggi kepadanya.
            Kekayaan yang berlimpahlah yang menjadikan Khadijah tetap berdagang. Akan tetapi, Khadijah merasa tidak mungkin jika semua dilakukan tanpa bantuan orang  lain. Kondisi itulah yang menyebabkan Khadijah mulai mempekerjakan beberapa karyawan untuk dapat menjaga amanah atas harta dan dagangannya. Untuk itu, para karyawan mendapat upah dan keuntungan sesuai dengan kesepakatan. Khadijah memiliki seorang karyawan yang dapat dipercaya dan dikenal dengan nama Maisarah. Dia dikenal sebagai pemuda yang ikhlas dan berani, sehingga Khadijah pun berani melimpahkan tanggung jawab untuk pengangkatan pegawai baru yang akan mengiring dan menyiapkan kafilah, menentukan harga dan memilih barang dagangan. Sebenernya itu adalah pekerjaan berat, namun pengerjaan terhadap Maisarah tidaklah sia-sia.
            Kaum Quraisy tidak mengenal pemuda manapun yang wara, takwa, dan jujur selain Muhammad bin Abdullah, yang sejak usia lima belas tahun telah diajak oleh Maisarah untuk menyertainya berdagang. Maisarah menceritakan kejadian aneh selama melakukan perjalanan ke Syam dengan Muhammad. Selama perjalanan, dia melihat gulungan awan tebal yang senantiasa mengiringi Muhammad yang seolah-olah melindungi beliau dari sengatan matahari. Dia pun mendengar seorang rahib yang bernama Buhairah, yang mengatakan bahwa Muhammad adalah laki-laki yang akan menjadi nabi yang ditunggu-tunggu oleh orang Arab sebagaimana telah tertulis didalam Taurat dan Injil.
            Cerita-cerita tentang Muhammad itu meresap kedalam jiwa Khadijah, dan pada dasarnya Khadijah pun telah merasakan adanya kejujuran, amanah dan cahaya yang senantiasa menerangi wajah nabi Muhammad. Perasaan Khadijah itu menimbulkan kecenderungan terhadap Muhammad didalam hati dan pikirannya, sehingga dia menemui anak pamannya, Waraqah bin Naufal, yang dikenal dengan pengetahuannya terhadap orang-orang terdahulu. Waraqah mengatakan bahwa akan muncul nabi besar yang dinanti-nanti oleh seluruh umat manusia dan akan mengeluarkan manusia dari kegelapan menuju cahaya Allah. Penuturan Waraqah itu menjadikan niat dan kecenderungan Khadijah terhadap Muhammad semakin bertambah, sehingga ia ingin menikah dengan Muhammad. Setelah itu dia mengutus Nafisah, saudara perempuan Ya’la bin Umayyah untuk meneliti lebih jauh tentang Muhammad sehingga akhirnya Muhammad diminta untuk menikahi dirinya.
            Ketika itu Khadijah berusia 40 tahun, namun dia adalah wanita dari golngan keluarga terhormat dan kaya raya, sehingga banyak pemuda Quraisy yang ingin menikahinya. Muhammad pun menyetujui permohonan Khadijah tersebut. Maka dengan salah seorang pamannya, Muhammad pergi menemui Khadijah yang bernama Amru bin As’ad untuk meminang Khadijah.
            Allah menghendaki pernikahan hamba pilihan-Nya itu dengan Khadijah. Ketika itu, usia Muhammad baru menginjak 25 tahun, sementara Khadijah 40 tahun. Walaupun usia mereka terpaut sangat jauh dan harta kekayaan mereka pun tidak sepadan, pernikahan mereka bukanlah pernikahan yang aneh, karena Allah telah memberikan keberkahan dan kemuliaan kepada mereka.
            Khadijah adalah istri nabi yang pertama dan menjadi istri satu-satunya sebelum ia meninggal. Allah menganugrahi Nabi melalui rahim Khadijah beberapa orang anak ketika dibutuhkan persatuan dan banyaknya keturunan. Dia telah memberikan cinta dan kasih saying kepada Rasulullah pada saat-saat yang sulit dan tindak kekerasan dan kekejaman datang dari kerabat dekat. Bersama Khadijah, Rasulullah memperoleh perlakuan yang baik serta rumah tangga yang tentram damai, dan penuh cinta kasih, setelah sekian lama beliau merasakan paitnya menjadi anak yatim piatu dan miskin.
            Khadijah melahirkan dua anak laki-laki yaitu Qasim dan Abdullah serta empat orang anak perempuan, yaitu Zainab, Ruqayah, Ummu Kultsum dan Fatimah. Seluruh putra dan putrinya lahir sebelum masa kenabian, kecuali Abdullah. Karena itulah Abdullah kemudian dijuluki ath-Thayyib (yang baik)dan ath-Thahir (yang suci). Zainab banyak menyerupai ibunya. Setelah besar, Zainab dinikahkan dengan anak bibinya, Abul Ash ibnu Rabi’. Pernikahan Zainab ini merupakan peristiwa Rasulullah menikahkan putrinya, dan yang terakhir beliau menikahkan Ummu Kultsum dan Ruqayah dengan dua Putra Abu Lahab, yaitu Atabah dan Utaibah. Ketika nabi diutus menjadi Rasul, Fathimah Az-Zahra, putrid bungsu beliau asih kecil.
            Selain mereka ada juga Zaid bin Haritsah yang sering disebut putra Muhammad. Semula, Zaid dibeli oleh Khadijah dari pasar Makkah yang kemudian dijadikan budaknya. Ketika Khadijah menikah dengan Muhammad, Khadijah memberikan Zaid kepada Muhammad sebagai hadiah. Rasulullah sangat mencintai Zaid karena dia memiliki sifat-sifat yang terpuji. Zaid pun sangat mencintai Rasulullah SAW akan tetapi ditempat lain, ayah kandung Zaid selalu mencari anaknya dan dia mendapat kabar bahwa Zaid berada ditempat Muhammad dan Khadijah. Dia memohon kepada Rasulullah agar bisa mendapatkan kembali anaknya dan mau membayar mahal anaknya, Rasul memberi kebebasan penuh kepada Zaid antara tetap tinggal bersamanya atau ikut bersama ayahnya. Zaid tetap memilih hidup bersama Rasulullah, sehingga dari sinilah kita dapat mengetahui sifat mulia Zaid.
            Beliau menyendiri di Gua Hira, menghmbakan diri kepada Allah yang Maha Esa sesuai dengan ajaran Nabi Ibrahim a.s. khadijah sangat ikhlas dengan segala sesuatu yang dilakukan suaminya dan tidak khawatir selama ditinggal oleh suaminya. Bahkan dia menjenguk serta menyiapkan makanan dan minuman selama beliau didalam gua, karena dia yakin bahwa apapun yang dilakukan suaminya merupakan masalah penting yang akan mengubah dunia. Ketika itu nabi Muhammad berusia 40 tahun. Suatu ketika, seperti biasanya beliau menyendiri di Gua Hira, pada waktu itu bulan Ramadhan. Beliau sangat gemetar ketika mendengar suara ghaib Malaikat Jibril memanggil beliau. Malaikat Jibril menyuruh beliau membaca, namun beliau hanya menjawab “Aku tidak dapat membaca” Akhirnya Malaikat Jibril mendekati dan mendekap beliau kedadanya, seraya berkata “Bacalah wahai Muhammad!” ketika itu Muhammad sangat binung dan ketakutan , seraya menjawab “Aku tidak bisa membaca” . mendengar hal itu Malaikat Jibril mempererat dekapannya , dan berkata “Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu  yang menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah dan tuhanmulah yang Maha Mulia. Dia mengajari manusia dengan prantara pena. Dia mengajarkan segala sesuatu yang belum mereka ketahui.” Rasulullah mengikuti bacaan tersebut . keringat deras mengucur dari tubuhnya sehingga beliau kepayahan dan tidak menemukan jalan menuju rumah. Khadijah melihat beliau dalam keadaan terguncang seperti itu, kemudia memapahnya kerumah, serta berusaha mengilangkan ketakutan dan kekhawatiran yang memenuhi dadanya. “Berilah aku selimut, Khadijah!” beberapa kali beliau meminta istrinya menyelimuti tubuhnya. Khadijah memberikan ketentraman kepada Rasulullah dengan segala kelembutan dan kasih saying sehingga beliau merasa tenteram dan aman. Beliau tidak langsung menceritakan kejadian yang menimpa dirinya kepada Khadijah karena khawatir Khadijah menganggapnya sebagai ilusi atau khayalan beliau belaka.
            Seteah rasa takut beliau hilang, Khadijah berupaya agar Rasul mengutarakan apa yang telah dialaminya, dan akhirnya beliaupun menceritakan peristiwa yang dialaminya . khadijah mendengarkan cerit suaminya dengan penuh minat dan mempercayai semuanya, sehingga Rasulullah merasa bahwa istrinya pun menduga akan terjadinya hal-hal seperti itu.
            Sejak semula Khadijah telah yakin bahwa suaminya akan menerima amanat Allah Yang Maha Besar untuk seluruh alam semesta. Kejadian tersebut merupakan awal kenabian dan tugas Muhammad menyampaikan amanat Allah kepada manusia. Hal itu pun merupakan babak baru dengan kehidupan Khadijah yang dengannya dia haru meyakini ajaran Rasulullah, sehingga Rasulullah mengatakan “Aku mengharapkannya menjadi benteng yang kuat bagi diriku”.
            Disinilah tampak kebesaran pribadi serta kematangan dan kebijaksanaan pemikiran Khadijah. Khadijah telah mencapai derajat yang tinggi dan sempurna, yang belum dicapai oleh wanita manapun. Dia telah berkata kepada Rasulullah, “Demi Allah, Allah tidak akan menyia-nyiakanmu. Engkau selalu menghubungkan silaturahim, bericara benar, memikul beban orang lain, menolong orang papa, menghormati tamu, dan membantu meringankan derita dan musibah orang lain.”
            Setelah Rasulullah tenteram dan dapat tidur dengan tenang, Khadijah mendatangi anak pamannya, yang tidak terpengaruh tradisi jahiliyah. Khadijah menceritakan kejadian yang dialami oleh suaminya. Mendengar cerita kejadian yang dialami Rasulullah, waraqah berseru, “Maha Mulia..Maha Mulia.. demi yang jiwa waraqah yang ada dalam genggamanNya, kalau kau percaya pada ucapanku, maka apa yang dilihat Muhammad di Gua Hira itu merupakan suratan yang turun kepada Musa dan Isa sebelumnya, dan Muhammad adalah Nabi akhir zaman, dan namanya tertulis dalam Taurat dan Injil.” Mendengar kabar itu, Khadijah segera menemui suaminya dan menyampaikan apa yang dikatakan oleh Waraqah. Khadijah meyakini seruan suaminya dan menganut agama yang dibawanya sebelum diumumkan kepada masyarakat. Itulah langkah awal Khadijah dalam menyertai suaminya berjihad dijalan Allah dan turut menanggung pahit getirnya gangguan dalam menyebarkan agama Allah.
            Beberapa waktu kemudian Jibril kembali mendatangi Muhammad SAW untuk membawa wahyu kedua dari Allah: “Hai orang yang berkemul (berselimut), bangunlah, lalu berilah peringatan dan Tuhanmu aungkanlah dan pakaianmu bersihkanlah, dan perbuatan dosa (menyembah berhala) tinggalkanlah, dan janganlah kamu member (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak. Dan untuk memenuhi perintah Tuhanmu, bersabarlah”(QS. Al-Muddatsir:1-7)
            Ayat diatas merupakan perintah bagi Rasulullah untuk mulai berdakwah pada kalangan kerabat dekat dan ahlulubait beliau. Khadijah adalah orang yang pertama menyatakan beriman pada risalah Rasulullah Muhammad SAW dan menyatakan bersedianya menjadi pembela setia Nabi. Kemudian menyusul Ali bin Abi Thalib, anak paman Rasulullah yang sejak kecil diasuh dalam rumah tangga beliau. Ali bin Abi Thalib adalah orang yang pertama masuk islam dari kalangan anak-anak, kemudian Zaid bin Haritsah, hamba sahaya Rasulullah yang ketika itu dijuluki sebagai Zaid bin Muhammad. Dari kalangan laki-laki dewasa, mulailah Abu Bakar masuk islam, diikuti Utsman bin Affan, Abdurrahman bin Auf, Sa’ad bin Abi Waqash, Az-Zubair ibnu Awam, Thalhah bin Ubaidilah, dan sahaba-sahabat lainnya. Mereka masuk menyatakan islam secara sembunyi-sembunyi sehingga harus melaksanakan shalat dipinggiran kota Makkah.
            Setelah berdakwah secara sembunyi-sembunyi, turunlah perintah Allah kepada Rasulullah untu memulai dakwah secara terang-terangan. Karena itu, datanglah beliau ketengah-tengah umat seraya berseru lantang, “Allahu Akbar, Allahu Akbar… Tiada Tuhan selain Allah, tiada sekutu bagi-Nya, Dia tidak melahirkan, juga tidak dilahirkan.” Seruan beliau sangat aneh terdengar ditelinga orang-orang Quraisy. Rasululla Muhammad SAW memanggil manusia untuk beribadah kepada Tuhan yang satu, bukan Laata, Uzza, Hubal, Manat, serta tuhan-tuhan lain yang memenuhi pelataran Ka’bah. Tentu saja mereka menolak, mencaci maki, bahkan tidak segan-segan menyiksa Rasulullah. Setiap jalan yang beliau lalui ditaburi kotoran hewan dan duri.
            Khadijah tampil mendampingi Rasulullah dengan penuh kasih saying, cinta, dan kelembutan. Wajahnya senantiasa membiaskan keceriaan, dan bibirnya meluncur kata-kata jujur. Setiap kegundahan yang Rasulullah lontarkan atas perlakuan orang-orang Quraisy selalu didengarkan oleh Khadijah dengan penuh perhatian untuk kemudian menguatkan hati Nabi. Bersama Rasulullah Khadijah turut menanggung kesulitan dan kepedihan, sehingga tidak jarang dia harus mengendapkan perasaan agar tidak terekspresikan pada muka dan mengganggu perasaan suaminya. Yang keluar adalah tutur kata yang lemah lembut sebagai penyejuk dan penawar hati.
            Orang yang paling keras menyakiti beliau adalah pamannya , Abdul Uzza bin Abdul Muthalib, yang lebih dikenal dengan sebutan Abu Lahab, beserta istrinya Ummu Jamil. Mereka memerintah anak-anaknya untuk memutuskan pertunangan dengan kedua putrid Rasulullah, Ruqayah dan Ummu Kultsum. Walaupun begitu, Allah telah menyediakan pengganti yang lebih mulia, yaitu Utsman bin Affan bagi Ruqayah. Allah mengutuk Abu Lahab dalam firmannya di QS. Al-Lahab:1-5.
            Khadijah adalah tempat berlindung bagi Rasulullah SAW, beliau memperoleh keteduhan hati dan keceriaan wajah istrinya yang senantiasa menambah semangat dan kesabaran untuk terus berjuang menyebarluaskan agama Allah keseluruh penjuru. Khadijah pun tidak memperhitungkan harta bendanya yang habis digunakan dalam perjuangan ini. Sementara itu, Abu Thalib paman Rasulullah, menjadi benteng pertahanan beliau dan menjaga beliau dari siksaan orang-orang Quraisy, sebab Abu Thalib adalah figure yang sangat disegani dan diperhitungkan oleh kaum Quraisy.
            Setelah berbagai upaya gagal dilakukan untuk menghentikan dakwah Raulullah WAS, baik itu berupa rayuan, intimidasi, dan penyiksaan, kaum Quraisy memutuskan untuk memboikot dan mengepung kaum muslimin dan menulis deklarasi yang kemudian digantung dipintu Ka’bah agar orang-orang Quraisy memboikot kaum muslimin, termasuk Rasulullah, istrinya, dan juga pamannya. Dalam kondisi seperti itu, Rasulullah SAW dan istrinya dapat bertahan, walaupun kondisi fisiknya sudah tua dan lemah. Ketika itu kehidupan Khadijah sangat jauh dari kehidupan sebelumnya yang bergelimang dengan kekayaan, kemakmuran, dan ketinggian derajat. Khadijah ela didera rasa haus dan lapar dalam mendampingi Rasulullah SAW dan kaum muslimin. Dia sangat yakin bahwa tidak lama lagi pertolongan Allah akan datang. Keluarga mereka yang lain, sekali-kali dan secara sembunyi-sembunyi mengirimkan makanan dan minuman untuk mempertahankan hidup. Pemboikotan itu berlangsung selama tiga tahun , tetapi tidak sedikitpun menggoyahkan akidah mereka, bahkan yang mereka rasakan adalah bertambah kokohnya keimanan dalam hati. Dengan demikian, usaha kaum Quraisy telah gagal, sehingga mereka mengakhiri pemboikotan dan membiarkan kaum muslimin kembali ke Mekah. Rasulullah kembali menyeru nama Allah Yang Mulia dan melanjutkan jihad beliau.
            Beberapa hari setelah pemboikotan, Abu Thalib jatuh sakit, dan semua orang meyakini bahwa sakit kali ini merupakan akhir dari hidupnya. Dalam keadaan seperti itu, Abu Sufjan dan Abu Jahal membujuk Abu Thalib untuk menasehati Muhammad agar menghentikan dakwahnya, dan sebagai gantinya adalah harta dan pangkat. Akan tetapi, Abu Thalib tidak bersedia,dan dia mengetahui bahwa Rasulullah tidak akan bersedia menukar dakwahnya dengan pangkat dan harta sepenuh dunia.
            Abu Thalib meninggal pada tahun itu pula, maka tahun itu disebut sebagai ‘Aamul Huzni (tahun kesedihan) dalam kehidupan Rasulullah SAW. Sebaliknya, orang-orang Quraisy sangat gembira atas kematian Abu Thalib itu, karena mereka akan lebih leluasa mengintimidasi Rasulullah SAW dan pengikutnya. Pada saat kritis menjelang kematian pamannya, Rasulullah SAW membisikkan sesuatu, secepat ini aku kehilangan engkau?
            Pada tahun yang sama, Sayyidah Khadijah sakit keras akibat beberapa tahun menderita kelaparan dan kehausan karena pemboikottan itu. Semakin hari, kondisi badannya semakin menurun, sehingga Rasulullah SAW semakin sedih. Bersama Khadijahlah Rasulullah SAW membangun kehidupan rumah tangga yan bahagia. Dalam usia 65 tahun, Khadijah meninggal, menyusul Abu Thalib. Khadijah dikuburkan didataran tinggi Mekah, yang dikenal dengan sebutan Al-Hajun. Rasulullah SAW sendiri yang mengurus jenazah istrinya, dan kalimat terakhir yang beliau ucapkan ketika melepas kepergiannya adalah “sebaik-baik wanita penghuni surge adalah Maryam binti Imran dan Khadijah binti Khuwailid”.
            Khadijah meninggal setelah mendapatkan kemuliaan yang tidak pernah dimiliki oleh wanita lain, dia adalah Ummul Mukminin istri Rasulullah SAW yang pertama yang mempercayai risalah Rasulullah SAW, dan wanita pertama yang melahirkan putra-putri Rasulullah SAW, dia merelakan harta benda yang dimilikinya untuk kepentingan jihad dijalan Allah. Dialah orang pertama yang mendapat kaba

Sumber   : Buku Wanita Dalam Al-qur'an

Kagum itu manusiawi, Ikhlas melepaskan itu pilihan ^^

            Assalamu’alaikum.. apa kabar nya nih? Semoga tetap dilindungi oleh Allah yaa dear~
Pada kesempatan kali ini, mimin mau ngebahas tentang yang namanya Virus Merah Jambu atau yang biasa disingkat dengan VMJ, min apa sih VMJ? VMJ atau Virus Merah Jambu itu adalah sebuah perasaan yang dirasakan oleh seseorang kepada lawan jenis yang bukan muhrim atau mahramnya. Kenapa sih harus bahas VMJ? Karna awal dari perzinnahan diawali dengan adanya perasaan, sering bertemu, berkomunikasi dan lain sebagainya, so…….. yuk kita bahas yuk J
-          Pandangan pertama
Dear, inget gak kutipan kayak gini “dari mata turun kehati” nah pertanyaannya, lalu kalau udah turun kehati terus dari hati turun kemana (?) ayooo coba tebak kemana? Hihi.. quotes nya gantung yaa.. sebenernya ada 2 kemungkinan buat ngelanjutin kutipannya lohh.. yang ke-
1.      Dari mata turun kehati “dari hati turun ke zinnah”
2.      Dari mata turun kehati “dari hati turun ke zannah”
Nah itu dia 2 kemungkinan yang bisa muncul, kenapa demikian? Untuk penjelasan nomor satu mimin yakin pasti sudah banyak yang bisa menjawabnya, dari hati turun ke zinnah itu diperumpamakan untuk si dia yang tidak kuat imannya, si dia yang tidak bisa untuk menjagamu,  si dia yang tidak mempunyai rasa tanggung jawab untuk segera menghalalkanmu, dan bahkan si “kamu” juga yg sama dengannya dengan si “dia”. Astagfirullah.. Ternyata pandangan bisa membawa kita pada dosa besar yaa :’) banyak sekali para pemuda pemudi yang menjalin hubungan (diluar nikah) dengan alasan tertarik atau jatuh hati pada pandangan pertama, padahal di alqur’an udah jelas bahwa umat nabi Muhammad SAW diperintahkan Allah untuk selalu menundukkan pandangannya, penasaran? Yuk kita buka Qur’an surat An-Nuur/24 ayat 30-31. jangan salah faham loh yaa, Allah memerintahkan menundukkan pandangan pasti ada alasannya ko dear, untuk menjaga hati, menahan syahwat, dan menjauhi kita dari yang namanya zinnah. kalau tetep ngebangkang gimana min? InsyaAllah tetangganya syurga udah nunggu (Naudzubillah)..
Next nomor 2 kita bahas yaa dear.. “dari hati turun ke zannah~ ini dia nih yang masyaAllah, ini diperumpamakan untuk siapapun yang bisa menundukkan pandangannya, menjaga syahwatnya, menjaga hatinya bahkan menjaga dirinya sendiri, udah jelas nih yang kayak gini yang ditungguin zannah. Min kalau gak sengaja udah diliat terus emang dasarnya ganteng atau cantik gimana min? dear, setelah mata kalian berkedip maka saat itulah kalian harus memalingkan pandangan dari dia yang sudah bikin kalian terpesona *eaaa ^^ kenapa seperti itu? Karena apabila kita terus berulang-ulang menatap matanya atau wajahnya dengan rasa tertarik atau kepingin memiliki, udah jelas itu namanya zinnah mata. Beneran gak boleh liat kewajahnya  min? boleh, asal kalian yakin kalau tidak akan tumbuh benih benih zinnah, jangan baperan yaa dear, jangan Cuma karna ngeliat ada yang sedikit bening langsung dimasukkin ke hati :p
Nah cukup jelas gak penjelasannya?  maafkan yaa kalau masih ada yang membingungkan :’) next day, week, month or years kita kupas secara tajam yaa hehe
Yuk dear dipilih dipilih mau nomer 1 atau 2??  ^^
ð  Jodoh itu udah diatur sama Allah, deketin aja yang ngaturNya, insyaAllah jodoh yang terbaik lama-lama jadi makin deket ko #SayNoZinnah
ð  Kagum itu manusiawi, melepaskan itu pilihan #SayNoZinnah
ð  Pujian itu ujian, jadi jangan langsung dibawa bawa keperasaan yaa ^^ #SayNoZinnah
ð  Halal itu ibadah, haram itu musibah #SayNoZinnah
ð  Mendekati zinnah aja udah dilarang sama Allah, apalagi yang ngelakuin zinnah (?) #SayNoZinnah
Disudahi dulu yuuuks diskusinya, semoga kita selalu istiqomah yaa J aamiin
Wassalamu’alaikum warahmatullah

Selasa, 17 November 2015

Siapkah Koperasi Indonesia Menghadapi Era Globalisasi?


           Globalisasi berasal dari kata global yang berarti universal atau umum. Bukan hanya perkembangan teknologi informasi ataupun dalam dunia kerja saja yang memasuki era globalisasi, tetapi koperasi pun sudah dituntut untuk beradaptasi dengan era globalisasi ini.
            Tak dapat kita pungkiri bahwa masyarakat secara keseluruhan telah merasakan perekonomian globalisasi melalui perdagangan bebas. Berbagai kesepakatan, jalinan kerjasama, berbagai kelompok negara maju dan berkembang, penyatuan mata uang, dan lain-lain, merupakan suatu wujud dari lintas batas geografis-regional menuju pada kepentingan ekonomi internasional yang tak terhindarkan.
            Seperti yang kita ketahui, bahwa perkembangan koperasi di indonesia sangat minim perhatian dari pemerintah sendiri. Bisa dilihat dari banyaknya koperasi di Indonesia yang mengeluh dalam permasalahan umumnya yaitu kurangnya sumber modal dan fasilitas pemasaran, serta kebijakan- kebijakan yang membuat koperasi yang kurang produktif tentunya merasa keberatan. Sehingga, menurut saya koperasi saat ini belum siap untuk menghadapi era globalisasi. Selain itu beberapa tantangan yang akan dihadapi koperasi dalam menghadapi era globalisasi ini semakin sulit. Diantaranya adalah  sebagai berikut :
1) Keterbatasan informasi pasar dan teknologi ;
2) kendala dalam akses permodalan ;
3) kapasitas SDM yang relatif rendah
4) belum dikenalnya keberadaan koperasi dikalangan masyarakat.
            Solusi menggerakan denyut nadi koperasi menghadapi globalisasi adalah melalui pemberdayaan masyarakat sendiri secara profesional, dan mandiri dalam arti berkemampuan mengelola usaha sebagaimana layaknya badan usaha lain, koperasi juga harus mampu mengoptimalkan potensi ekonominya serta memiliki kemampuan untuk bekerjasama dengan seluruh perilaku ekonomi. Dengan semakin besarnya peluang masyarakat dan meningkatnya jumlah kelompok masyarakat yang memiliki usaha produktif, perlu dipertimbangkan untuk menumbuhkan koperasi-koperasi baru yang otonom, dan mandiri. Untuk itu perlu :
1) dimotivasi melalui pendidikan ;
2) sosialisasi dalam rangka pengembangan sosial kapital kelompok masyarakat ;
3) membangun sistem pemberdayaan ekonomi kaum masyarakat ;
4) memacu pengembangan usaha produktif ;
5) menumbuhkan jiwa kewirakoperasian serta
6) mempermudah mekanisme pendirian koperasi.
            Dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh koperasi dalam hal menyiapkan mental untuk menghadapi era globalisasi. Koperasi harus bisa meyakinkan masyarakat, bahwa koperasi mampu bersaing di era globalisai.
            Koperasi dapat memanfaatkan internet untuk memperomosikan apa yang terjadi dalam koperasi dan apa inovasi-inovasi terbaru yang ditawarkan oleh koperasi. Lalu, koperasipun dapat memanfaatkan kecanggihan-kecanggihan teknologi lain. Memperkuat image koperasi bahwa koperasi bisa, koperasi selalu berjaya, koperasi no.1. Sehingga dibenak masyarakat, koperasi adalah lembaga yang terbaik dibandingkan dengan swasta. sekarang banyak lembaga swasta yang mulai melebarkan sayapnya di dunia penyediaan bahan pangan dan sebagainya, yang merupakan pesaing besar koperasi dan warung-warung kecil milik rakyat.
            Mengadakan pembinaan terhadap pengurus koperasi saya rasa merupakan hal tepat dalam rangka agar koperasi lebih siap untuk bersaing diera globalisai yang sangat keras. Lengah sedikit saja, maka semua akan hancur. Maka dengan pembinaan yang mendalam, diharapkan pengurus disetiap koperasi yang ada, dapat memiliki pemikiran yang dapat membawa koperasi ke era globalisasi. Pembinaan ini meliputi seminar tentang koperasi, selain dapat lebih mengenal koperasi, pengurus juga bisa diarahkan dalam hal mengantar koperasi ke era yang sebelumnya belum dirambahnya.
            Untuk memperkuat karakter bisnis koperasi,program pendidikan dan sosialisasi harus menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam berorganisasi dan praktek bisnis koperasi. Pendidikan dan sosialisasi dibutuhkan untuk merubah mindset, meningkatkan kualitas dan kompetensi, manajerial dan bagaimana membangun jaringan serta memperkenalkan citra koperasi dan program konversi atau pembentukan koperasi beserta konsekuensi (biaya) yang ditimbulkannya.
            Dalam rangka prengembangan kapabalitas usaha koperasi agar bertahan globalisasi dibutuhkan pula pendampingan yang dapat memperbaiki manajemen usaha, kualitas produk dan pengembangan pasar. Lembaga pendampingan seperti BDS/LPB dan inkubator perlu diberdayakan kembali oleh pemerintah, sehingga mampu menjalankan perannya sebagai tenaga konsultan yang sangat dibutuhkan UKM dan Koperasi.
            Agar koperasi tetap eksis perlu dilaksanakan:
1.      Penetapan pengelolaanya harus benar-benar memiliki kemampuan dan kemahiran profesional keuangan dibidang mikro
2.      Perlu dipertimbangkan adanya badan atau tenaga fungsional khusus ditingkat daerah yang memantau dan mengawasi kesehatan koperasi yang memiliki USP mengingat bidang usaha memiliki kekhususan seperti bank,
3.      Serta perlu dukungan dari kalangan perbankan sebagai mita KSP/ USP
            Apabila kegiatan-kegiatan itu dilakukan dengan konsisten dan fokus maka diharapkan dapat memotivasinya untuk mengembangkan wadah pengurusan akte notaris dalam paket bantuan perkuatan yang diberikan kepada koperasi dan UKM.
Khususnya mengenai pendidikan dan sosialisasi kegiatan ini perlu diadakan dalam rangka pengembangan sosial kapital kelompok masyarakat, membangun sistem perberdayaan ekonomi masyarakat, memacu pengembangan usaha produktif, menumbuhkan jiwa kewirakoperasian dan mekanisme pembentukan koperasi.
          Masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh koperasi dalam hal menyiapkan mental untuk menghadapi era globalisasi. Koperasi harus bisa meyakinkan masyarakat, bahwa koperasi mampu bersaing di era globalisai. Koperasi akan siap dan mampu bertahan Di era globalisasi ini apabila mendapatkan dukungan dari berbagai pihak mulai dari anggota, masyarakat dan pemerintah. Koperasi dapat membuat rencana-rencana yang di persiapkan untuk bertahan di era globalisasi yang akan memperkuat keberadaan koperasi di dunia perekonomian .Rencana-rencana itu tidak sebatas hanya rencana tetapi harus di wujudkan secara nyata sehingga dapat mencapai tujuan yang di inginkan koperasi.


Rabu, 11 November 2015

Penipuan

           Indonesia, sebuah Negara berkembang yang memiliki banyak penduduk dan dikenal sebagai Negara agraris didunia. Apabila membicarakan masalah perekonomian, Indonesia masih jauh dari kata aman, sebab Indonesia masih berada dalam garis kemiskinan. Padahal Indonesia adalah sebuah Negara yang kaya akan sumber daya alamnya, kurangnya keterampilan SDM dan banyaknya hutang di Indonesia menyebabkan negeri kita ini sangat jauh tertinggal dari Negara maju yang sudah aman perekonomiannya.
            Berbicara masalah lemahnya perekonomian di Indonesia, masyarakat memenuhi kebutuhan hidupnya dengan berbagai cara, karena kurangnya kreatifitas sumber daya manusia dan  kurangnya lapangan pekerjaan, banyak sekali masyarakat yang menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan uang agar dapat memenuhi segala macam kebutuhan hidupnya, termasuk salah satunya melakukan penyimpangan social berupa penipuan.
            Pengertian dari Penipuan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dari kata dasar penipuan yaitu tipu adalah perbuatan atau perkataan yang tidak jujur (bohong, palsu, dan sebagainya) dengan maksud untuk menyesatkan, mengakali, atau mencari untung. Sedangkan penipuan adalah proses, perbuatan, cara menipu.
Seseorang yang melakukan suatu tindakan dengan mengatakan yang tidak sebenarnya kepada orang lain tentang suatu  berita, kejadian, pesan dan lain-lain yang dengan maksud-maksud tertentu yang ingin dicapainya adalah suatu tindakan penipuan atau seseorang yang melakukan tindakan-tindakan yang bersifat menipu untuk memberikan kesan bahwa sesuatu itu benar dan tidak palsu, untuk kemudian mendapat kepercayaan dari orang lain.
Tindak pidana penipuan sangatlah sering terjadi di lingkungan masyarakat, untuk memenuhi kebutuhan atau keuntungan seseorang dapat melakukan suatu tindak pidana penipuan. Di Indonesia seringnya terjadi tindak pidana penipuan dikarenakan banyak Faktor-faktor yang mendukung terjadinya suatu tindakan penipuan, misalnya karena kemajuan teknologi sehingga dengan mudah melakukan tindakan penipuan, keadaan ekonomi yang kurang sehingga memaksa seseorang untuk melakukan penipuan, terlibat suatu utang dan lain sebagainya.
Seseorang yang melakukan suatu tindak pidana penipuan biasanya melakukan beberapa cara-cara antara lain dengan pelayanan, suatu contoh perolehan pelayanan melalui penipuan misalnya dalam konteks komputer adalah apabila seseorang menggunakan tanpa hak sebuah sistem yang biasanya harus membayar seperti Prestel, persoalan tentang siapa yang yang telah ditipu masih tetap ada, tetapi apabila seseorang telah menipu orang lain dengan cara mengatakan bahwa ia memiliki izin sah untuk menggunakan terminal yang biasanya dipakai untuk akses ke dalam system.
            Penipuan yang terjadi di Indonesia sudah banyak sekali macamnya, salah satunya adalah penipuan yang terjadi dijejaring internert. Kemajuan teknologi, khususnya internet yang terjadi dalam dekade terakhir membuat banyak kemudahan tersedia untuk pengguna internet. Salah satunya adalah kemudahan dalam berbelanja atau bertransaksi secara Online. Bagi anda yang gemar belanja atau mencari barang-barang yang dibutuhkan cukup “berselancar” di dunia maya dan bisa menemukan barang-barang yang dikehendaki. Di lain sisi, Penjual cukup menawarkan barang dengan postingan (biasanya di forum-forum jual-beli atau media sosial seperti facebook) dan mencantumkan contak person untuk dihubungi jika ada yang berminat untuk membeli.
            Cara belanja/berjualan secara online sangat membantu bagi penjual atau pembeli yang terpisah jarak dan juga dapat menghapus kendala menghabiskan waktu dalam berbelanja. Cukup dengan menghubungi penjual, sepakat dengan harga, pembeli membayar (biasanya transfer) lalu penjual mengirimkan barang, pembeli bisa mendapatkan barang yang diinginkan. Namun ringkasnya dan “terlalu” mudahnya cara berbelanja online ternyata memberi celah bagi oknum-oknum tertentu untuk melakukan penipuan. Tidak sedikit calon pembeli maupun penjual tertipu dan mengalami kerugian finansial yang tidak sedikit. Banyak cara atau motif oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.
Bukan hanya seratus atau dua ratus orang bahkan jutaan orang pernah menjadi korban penipuan di internet. Dan ratusan juta dollar melayang berpindah tangan, memang banyak diakui perilaku menyimpang ini juga marak terjadi. Sangat banyak jalan untuk melakukan penipuan lewat internet. Dan sebagian besar melalui sarana email. Misalnya kita menerima kita menerima email-email yang mengatasnamakan suatu lembaga tertentu, meminta sumbangan meminta data-data rekening bank, data-data pribadi dengan alasan memperoleh hadiah atau yang lainnya. Waspadailah, email menjadi sarana mudah untuk menjerat korban penipuan dari pemakai internet yang kurang jeli. Bila menerima email tidak jelas jangan diklik link tautan yang diberikan, delete saja langsung, jangan ambil resiko. Facebook juga rawan terhadap penipuan seperti media media lainnya, Apalagi bagi anak anak pelajar yang kurang mengerti tentang seluk beluk dunia internet. Bagi si penipu sendiri, kondisi dunia maya yang serba anonim jelas sangat menguntungkan. Belakangan penipuan via facebook kian merajalela.

            Penipuan Via SMS, Setelah kasus sedot pulsa mereda, pengguna ponsel diresahkan oleh hadirnya sejumlah SMS penipuan yang dikirim dari nomor panjang (bukan short code) operator telekomunikasi. Hal ini sangat meresahkan, karena tidak semua pengguna ponsel berlatar belakang pendidikan tinggi, sehingga masyarakat di pedesaan yang berpendidikan rendah bisa jadi tertipu.

            SMS penipuan itu biasanya berupa informasi pemenang kuis, SMS yang pura-pura nyasar tentang transfer uang, minta pulsa dengan kalimat genit, rayuan agar penerima menelepon ke premium call, dan lainnya. Terkait dengan maraknya SMS penipuan tersebut, muncul pesan di BlackBerry Messenger broadcast mengenai cara memblokir nomor ponsel pelaku SMS penipuan dari berbagai operator telekomunikasi. Munculnya layanan blokir nomor penipu mengundang kekhawatiran setiap orang bisa seenaknya memblokir nomor orang lain.

            Karena modus penipuan yang booming saat ini adalah penipuan via SMS, maka yang dibahas dalam hal ini adalah tips menghindari penipuan via SMS. Adapun tips adalah sebagai berikut :
1.      Jika mendapatkan SMS yang isinya tertarik beli rumah dan tanah, tertarik beli mobil, tertarik beli motor dan kita disuruh menghubungi mereka, sebaiknya tidak usah dihiraukan karena mereka sudah jelas mau menipu kita. Logikanya adalah masa penjual yang disuruh menghubungi pembeli? Bagaimana kita yakin mereka memiliki dana untuk membeli rumah dan tanah, mobil atau mobil kita kalau untuk menelepon saja mereka merasa rugi mengeluarkan pulsa. Jika  menghubungi mereka, maka mereka mengatakan sangat tertarik dengan rumah dan tanah, mobil atau motor anda dan   meminta nomor rekening anda untuk mentransfer uang muka. Jika anda memberikan nomor rekening, maka beberapa menit kemudian mereka mengatakan sudah mentransfer dana, padahal dana sama sekali tidak ditransfer dan mereka ngotot pada anda bahwa uang muka sudah ditransfer jika anda mengatakan dana  tidak masuk dan ujung-ujungnya mereka akan mengatakan pada bahwa jaringan bank bermasalah dan anda tetap disuruh menunggu di ATM kemudian  menghubungkan anda dengan customer service bank (customer service abal-abal) untuk menuntun anda untuk mendapatkan  transfer dana. Jika anda terus mengikuti instruksi mereka maka langkah pertama anda akan ditanya jumlah dana yang ada di rekening anda sebelum mereka transfer, kemudian anda disuruh memencet tombol bahasa inggris dan memencet transfer to kemudian disuruh mengisi nomor rekening mereka dan jumlah dana yang akan ditransfer pada nomor rekening mereka dan selanjutnya disuruh pencet tombol transfer. Dengan demikian anda sudah sukses mentransfer dana pada mereka dan anda sudah tertipu.  Jika anda telanjur tertipu, jangan panik dan secepatnya anda menghubungi customer service bank anda dan melapor ke kantor polisi terdekat untuk  memblokir nomor rekening penipu tersebut dan selanjutnya meminta pengembalian dana yang sudah terlanjur ditransfer ke nomor rekening penipu.
2.      Jika anda mendapatkan SMS yang menyatakan anda memenangkan hadiah dari TELKOMSEL atau Tabungan Haji dari PT. Sidomuncul, maka sebaiknya tidak usah ditanggapi, karena hal itu 100% adalah penipuan.
3.      Jika anda mendapatkan SMS yang menjual Blackberry, IPAD, Laptop, dan Handphone murah, sebaiknya tidak usah ditanggapi karena itu 100% adalah penipuan.
4.      Jika anda mendapatkan SMS jasa travel, misalnya www.asiatravel.com, www.lion-airtravel.com, www.cahayatourtravel.com (kemungkinan mereka ini satu orang atau satu komplotan) jangan ditanggapi, karena hal itu 100% adalah penipuan. Jika anda memesan tiket pada mereka dan kemudian transfer dana, maka anda tidak akan mendapatkan tiket. 
5.      Jika anda mendapatkan SMS tolong isi pulsa, sebaiknya tidak usah ditanggapi karena hal itu adalah 100% penipuan.
6.      Jika anda mendapatkan SMS yang berbunyi "kirimkan saja dana ke nomor rekening ini" sebaiknya tidak usah ditanggapi, karena hal itu adalah 100% penipuan.
7.      Jika anda mendapatkan SMS yang mengatakan bahwa keluarga anda mengalami kecelakaan dan meminta transfer dana untuk melakukan operasi,  jangan langsung  panik, tapi langsung menghubungi keluarga kita yang dibilang mengalami kecelakaan apakah benar mengalami kecelakaan atau tidak. Kebanyakan SMS yang bunyinya sebagaimana yang disebutkan di atas adalah  penipuan. 

Selalu waspada dan tetap hati-hati, karena kejahatan bisa berasal dari mana saja.

Perilaku Seks Diluar Nikah

            Perilaku seks diluar nikah adalah sebuah hubungan terlarang yang dilakukan oleh seorang pria dengan lawan jenisnya (wanita) yang belum atau tidak memiliki ikatan resmi. Dahulu masyarakat merasa jijik dengan orang yang melakukan seks diluar nikah dan memandang sebelah mata pada yang melakukannya, tetapi karena sudah banyaknya masyarakat yang melakukan seks diluar nikah, hal tersebut kini sudah menjadi hal yang lumrah dan tidak sungkan lagi untuk didengar.
            Apabila dilihat dari segi agama, banyak sekali yang mejelaskan bahwa seks diluar nikah tidak baik dalam segi apapun, dalam agama Islam, perbuatan seks diluar nikah dikatakan sebagai zinah besar yang sangat sulit diampuni dosanya.  Begitu juga dalam agama Kristen dan Katholik hubungan seks diluar nikah adalah perbuatan zina dan menimbulkan rasa bersalah yang berlarut-larut. Dan apabila dilihat dari sisi kesehatan jiwa, hubungan seks di luar nikah menimbulkan rasa bersalah yang berlarut-larut. Sedangkan dari sisi kesehatan, hubungan seks bebas rawan terhadap penularan penyakit kelamin dan AIDS.  
Perilaku seks di luar nikah selain ditentang oleh norma-norma sosial, juga secara tegas dilarang oleh agama. Dampak negatif dari perilaku seks di luar nikah selain rawan terhadap penularan penyakit HIV/AIDS, juga menyebabkan lahirnya anak di luar nikah, terjangkit PMS (penyakit menular seksual), dan lain sebagainya.
Hal yang sangat mendukung terjadinya seks diluar nikah diantaranya adalah minuman keras, minuman keras tersebut dikonsumsi secara berlebihan atau sengaja digunakan untuk mabuk-mabukan. Para pemabuk minuman keras dapat dianggap sebagai penyakit masyarakat. Pada banyak kasus kejahatan, para pelaku umumnya berada dalam kondisi mabuk minuman keras. Hal ini dikarenakan saat seseorang mabuk, ia akan kehilangan rasa malunya, tindakannya tidak terkontrol, dan sering kali melakukan hal-hal yang melanggar aturan masyarakat atau aturan hukum. Minuman keras juga berbahaya saat seseorang sedang mengemudi, karena dapat merusak konsentrasi pengemudi sehingga dapat menimbulkan kecelakaan. Pada pemakaian jangka panjang, tidak jarang para pemabuk minuman keras tersebut dapat meninggal dunia karena organ lambung atau hatinya rusak terpengaruh efek samping alkohol yang kerap dikonsumsinya.
            Seks pada hakekatnya merupakan dorongan naluri alamiah tentang kepuasan syahwat. Tetapi banyak kalangan yang secara ringkas mengatakan bahwa seks itu adalah istilah lain dari Jenis kelamin yang membedakan antara pria dan wanita. Perilaku seks merupakan salah satu kebutuhan pokok yang senantiasa mewarnai pola kehidupan manusia dalam masyarakat. Perilaku seks sangat dipengaruhi oleh nilai dan norma budaya yang berlaku dalam masyarakat. Setiap golongan masyarakat memiliki persepsi dan batas kepentingan tersendiri terhadap perilaku seks.      Seks sebagai kebutuhan manusia yang alamiah tersebut dalam upaya pemenuhannya cenderung didominasi oleh dorongan naluri seks secara subyektif. Akibatnya sering terjadi penyimpangan dan pelanggaran perilaku seks di luar batas hak-hak kehormatan dan tata susila kemanusiaan.
            Hasil survey mengatakan bahwa banyak dari kalangan remaja yang menderita penyakit menular HIV/AIDS dibanding dari kalangan dewasa, hal itu terjadi karena banyaknya kalangan remaja yang melakukan hubungan diluar nikah “seks” yang bisa saja diawali dengan proses yang namanya pacaran, lalu berciuman, meraba-raba pasangan, hingga akhirnya melakukan hubungan yang tidak seharusnya mereka lakukan.
            Banyak sekali factor-faktor yang menjadikan pemicu terjadinya hubungan seks diluar nikah, diantaranya adalah :
1.      Gagalnya sosialisasi norma-norma dalam keluarga, terutama keyakinan agama dan moralitas
2.      Semakin terbukanya peluang pergaulan bebas; setara dengan kuantitas pengetahuan tentang perilaku seks pada lingkungan sosial dan kelompok pertemanan
3.      Kekosongan aktivitas-aktivitas fisik dan rasio dalam kehidupan sehari-hari
4.      Sensitifitas penyerapan terhadap struktur pergaulan dan seks bebas  relatif tinggi
5.      Rendahnya konsistensi pewarisan contoh perilaku tokoh-tokoh masyarakat dan lembaga-lembaga sosial yang berwenang.
Berdasarkan alasan tersebut, maka semakin terbukalah pergaulan bebas antara pria dan wanita, baik bagi kalangan remaja maupun kalangan yang sudah berumah tangga. Hal ini dimungkinkan karena sosialisasi norma dalam keluarga tidak efektif, sementara cabang hubungan pergaulan dengan berbagai pola perilaku seks di luar rumah meningkat yang kemudian mendominasi pembentukan kepribadian baru. Kalangan remaja pada umumnya lebih sensitif menyerap struktur pergaulan bebas dalam kehidupan masyarakat.
Bagi suami isteri yang bekerja di luar rumah, tidak mustahil semakin banyak meninggalkan norma-norma dan tradisi keluarga sebelumnya, kemudian dituntut untuk menyesuaikan diri dalam sistem pergaulan baru, termasuk pergaulan intim dengan lawan jenis dalam peroses penyelesaian pekerjaan. Kondisi pergaulan semacam ini seseorang tidak hanya mungkin menjauh dari perhitungan nilai harmonisasi keluarga, akan tetapi selanjutnya semakin terdorong untuk mengejar karier dalam perhitungan ekonomis material. Kenyataan ini dimaklumi, lumrah, dan bahkan merupakan kebutuhan baru bagi sebagian besar keluarga dalam masyarakat modern. Kebutuhan baru ini menuntut seseorang untuk membentuk system pergaulan modernitas yang cenderung meminimalisasi ikatan moral dan kepedulian terhadap hukum-hukum agama.
Sementara di pihak lain, jajaran pemegang status terhormat sebagai sumber pewarisan norma, seperti penegak hukum, para pemimpin formal, tokoh masyarakat dan agama, ternyata tidak mampu berperan dengan contoh-contoh perilaku yang sesuai dengan statusnya.
Hal lain yang mendorong terjadinya seks diuar nikah adalah adanya  Popularitas perilaku seks bebas dalam kehidupan masyarakat. Pupulernya perilaku seks di luar nikah, karena adanya tekanan dari teman-temannya atau mungkin dari pasangannya sendiri. Kemudian disusul oleh dorongan kebutuhan nafsu seks secara emosional, di samping karena rendahnya pemahaman tentang makna cinta dan rasa keingintahuan yang tinggi tentang seks.
Beberapa hasil penelitian mengungkapkan bahwa gadis melakukan seks di luar nikah karena tekanan teman-temannya sesama wanita, dengan demikian Ia melakukannya hanya untuk membuktikan bahwa iapun sama normalnya dengan kelompok teman modernnya yang telah terperangkap dalam penyimpangan moral. Ia ingin tetap diterima oleh kelompok temannya secara berlebihan, sehingga mengalahkan kepribadian dan citra diri. Pengakuan lain, bahwa melakukan seks dengan alasan agar cinta pasangannya semakin kuat, dan apabila aku tidak melakukannya, berarti aku tidak bisa menunjukkan bukti cintaku kepadanya.
      Cara Mencegah Prilaku Seks Bebas Pada Remaja Dewasa ini, permasalahan remaja kita merupakan persoalan yang sangat serius. Jika permasalahan remaja yang ada di negeri ini tidak dikurangi dan diselesaikan dengan cepat maka dapat menyebabkan hancurnya tatanan bangsa di masa depan. Beberapa faktor yang mendorong anak remaja usia sekolah SMP dan SMA melakukan hubungan seks di luar nikah diantaranya adalah pengaruh pergaulan hidup bebas, faktor lingkungan dan faktor keluarga yang mendukung ke arah perilaku tersebut serta pengaruh dari media massa.
            Berikut beberapa saran yang mungkin bisa dilakukan untuk mencegah prilaku seks bebas pada remaja: Adanya kasih sayang, perhatian dari orang tua dalam hal apapun serta pengawasan yang tidak bersifat mengekang. Salah satu faktor terbesar yang mengakibatkan remaja kita terjerumus ke dalam prilaku seks bebas adalah kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang tuanya. Beberapa cara untuk mengurangi kemungkinan anak remaja masuk ke dala pergaulan seks bebas :
1.       Tanamkan ilmu – ilmu agama sedini mungkin pada anak, sehingga jika anak berpegang teguh pada syariat agama maka ia tidak akan trjerumus ke dalam seks bebas.
2.       Awasi pergaulan anak, baik dengan teman sekolah, teman di lingkungan rumah, pacar, atau pergaulan di jejaring sosial dunia maya.
3.       Berilah anak perhatian yang cukup, sehingga anak tek merasa diacuhkan.
4.       Salurkan bakat dan keinginan anak pada bidangya.
5.       Jadilah teman curhat si anak, sehingga anak akan lebih terbuka jika ada masalah dan kesulitan.
6.       Awasi tontonan anak di televisi, apalagi yang mengandung unsur – unsur seksual yang biasanya ada di film – film barat. 
            Hikmah Menghindari Seks di Luar Nikah :
1.     Terbabas dari dosa yang sangat besar, karena di dalam Al-Qur’an Allah SWT, melarang  umatnya melakukan perbutan zina (seks bebas ) di luar nikah. Dan barang siapa yang melakukan perbuatan itu akan mendapatkan laknat dari Allah SWT.
2.     Terhindar dari bahaya penyakit AIDS dan HIV , karena penyakit AIDS dan HIV dapat mudah tertular melalui perbuatan seks bebas itu.
3.     Tidak hamil di luar nikah.
4.     Tidak memalukan, mengecewakan, mencoreng nama baik  kedua orang tua dan keluarga dimata masyarakat umum.

5.     Masa depan kita tidak hancur oleh hal-hal semacam itu.

Minggu, 08 November 2015

Wajah Koperasi Indonesia Saat Ini


            Masih dalam pembahasan yang sama, kita akan membahas lanjutan dari koperasi yang sebelumnya. Hal yang akan kita bahas kali ini adalah Bagaimana Wajah Koperasi di Indonesia Saat Ini? Sebelum kita membahasnya, kita akan mengetahui bagaimana sejarah singkat koperasi.
            Gerakan koperasi bermula pada abad ke-20 yang pada umumnya merupakan hasil dari usaha yang tidak spontan dan tidak dilakukan oleh orang-orang yang sangat kaya. Koperasi tumbuh dari kalangan rakyat, ketika penderitaan dalam lapangan ekonomi dan sosial yang ditimbulkan oleh sistem kapitalisme semakin memuncak. Beberapa orang yang penghidupannya sederhana dengan kemampuan ekonomi terbatas, terdorong oleh penderitaan dan beban ekonomi yang sama, secara spontan mempersatukan diri untuk menolong dirinya sendiri dan manusia sesamanya.
            Pada tahun 1896 seorang Pamong Praja Patih R.Aria Wiria Atmaja diPurwokerto mendirikan sebuah Bank untuk para pegawai negeri (priyayi). Ia terdorong oleh keinginannya untuk menolong para pegawai yang makin menderita karena terjerat oleh lintah darat yang memberikan pinjaman dengan bunga yang tinggi. Maksud Patih tersebut untuk mendirikan koperasi kredit model seperti di Jerman. Cita-cita semangat tersebut selanjutnya diteruskan oleh De Wolffvan Westerrode, seorang asisten residen Belanda. De Wolffvan Westerrode sewaktu cuti berhasil mengunjungi Jerman dan menganjurkan akan mengubah Bank Pertolongan Tabungan yang sudah ada menjadi Bank Pertolongan, Tabungan dan Pertanian. Selain pegawai negeri juga para petani perlu dibantu karena mereka makin menderita karena tekanan para pengijon. Ia juga menganjurkan mengubah Bank tersebut menjadi koperasi. Disamping itu ia pun mendirikan lumbung-lumbung desa yang menganjurkan para petani menyimpan pada pada musim panen dan memberikan pertolongan pinjaman padi pada musim paceklik. Ia pun berusaha menjadikan lumbung-lumbung itu menjadi Koperasi Kredit Padi. Tetapi Pemerintah Belanda pada waktu itu berpendirian lain. Bank Pertolongan, Tabungan dan Pertanian dan Lumbung Desa tidak dijadikan Koperasi tetapi Pemerintah Belanda membentuk lumbung-lumbung desa baru, bank –bank Desa , rumah gadai dan Centrale Kas yang kemudian menjadi Bank Rakyat Indonesia (BRI). Semua itu adalah badan usaha Pemerntah dan dipimpin oleh orang-orang Pemerintah.
            Pada zaman Belanda pembentuk koperasi belum dapat terlaksana karena:
1. Belum ada instansi pemerintah ataupun badan non pemerintah yang memberikan penerangan dan penyuluhan tentang koperasi.
2. Belum ada Undang-Undang yang mengatur kehidupan koperasi.
3. Pemerintah jajahan sendiri masih ragu-ragu menganjurkan koperasi karena pertimbangan politik, khawatir koperasi itu akan digunakan oleh kaum politik untuk tujuan yang membahayakan pemerintah jajahan itu.
            Mengantisipasi perkembangan koperasi yang sudah mulai memasyarakat, Pemerintah Hindia Belanda mengeluarkan peraturan perundangan tentang perkoperasian. Pertama, diterbitkan Peraturan Perkumpulan Koperasi No. 43, Tahun 1915, lalu pada tahun 1927 dikeluarkan pula Peraturan No. 91, Tahun 1927, yang mengatur Perkumpulan-Perkumpulan Koperasi bagi golongan Bumiputra. Pada tahun 1933, Pemerintah Hindia-Belanda menetapkan Peraturan Umum Perkumpulan-Perkumpulan Koperasi No. 21, Tahun 1933. Peraturan tahun 1933 itu, hanya diberlakukan bagi golongan yang tunduk kepada tatanan hukum Barat, sedangkan Peraturan tahun 1927, berlaku bagi golongan Bumiputra. Diskriminasi pun diberlakukan pada tataran kehidupan berkoperasi 
            Pada tahun 1908, Budi Utomo yang didirikan oleh Dr. Sutomo memberikan peranan bagi gerakan koperasi untuk memperbaiki kehidupan rakyat. Pada tahun 1915 dibuat peraturan Verordening op de Cooperatieve Vereeniging, dan pada tahun 1927 Regeling Inlandschhe Cooperatieve. Pada tahun 1927 dibentuk Serikat Dagang Islam, yang bertujuan untuk memperjuangkan kedudukan ekonomi pengusah-pengusaha pribumi. Kemudian pada tahun 1929, berdiri Partai Nasional Indonesia yang memperjuangkan penyebarluasan semangat koperasi. Namun, pada tahun 1933 keluar UU yang mirip UU no. 431 sehingga mematikan usaha koperasi untuk yang kedua kalinya. Pada tahun 1942 Jepang menduduki Indonesia. Jepang lalu mendirikan koperasi kumiyai. Awalnya koperasi ini berjalan mulus. Namun fungsinya berubah drastis dan menjadi alat Jepang untuk mengeruk keuntungan, dan menyengsarakan rakyat Indonesia.
            Setelah Indonesia merdeka, pada tanggal 12 Juli 1947, pergerakan koperasi di Indonesia mengadakan Kongres Koperasi yang pertama di Tasikmalaya. Hari ini kemudian ditetapkan sebagai Hari Koperasi Indonesia. Sekaligus membentuk Sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia (SOKRI) yang berkedudukan di Tasikmalaya (Bandung sebagai ibukota provinsi sedang diduduki oleh tentara Belanda) .

Sudah jelas, perjuangan para pahlawan Indonesia tidak hanya berperang dalam melawan penjajah, bahkan juga berupaya bagaimana caranya agar warga Indonesia jauh dari kemiskinan. Koperasi diIndonesia mengalami masa kejayaannya pada era orde baru, kini koperasi mengalami perkembangan yang cenderung menurun. Banyak masyarakat yang enggan berpartisipasi dalam kegiatan koperasi, padahal koperasi sendiri tidak akan maju tanpa adanya kerjasama dari masyarakat.
            Apabila dilihat dari factor SDM, Tingkat partisipasi anggota koperasi masih rendah, ini disebabkan sosialisasi yang belum optimal. Masyarakat yang menjadi anggota hanya sebatas tahu koperasi itu hanya untuk melayani konsumen seperti biasa, baik untuk barang konsumsi atau pinjaman. Mereka belum tahu betul bahwa dalam koperasi konsumen juga berarti pemilik, dan mereka berhak berpartisipasi menyumbang saran demi kemajuan koperasi miliknya serta berhak mengawasi kinerja pengurus. Keadaan seperti ini tentu sangat rentan terhadap penyelewengan dana oleh pengurus karena tanpa partisipasi anggota tidak ada kontrol  dari anggotanya sendiri terhadap pengurus. Sebagian besar koperasi yang ada di Indonesia dikelola oleh pihak-pihak yang kurang profesional, kurang kompeten dibidangnya dan berpengalaman untuk mengelola sebuah badan usaha sehingga membuat koperasi sulit sekali berkembang.
            Apabila dilihat dari factor Permodalan, Ciri-ciri koperasi di Indonesia merupakan kumpulan orang dan bukan kumpulan modal. Jadi, selama ini modal yang ada di koperasi sangat terbatas sehingga rasanya sulit untuk mengembangkan, memutar kembali modal yang ada agar menghasilkan pendapatan lebih yang berguna untuk koperasi itu sendiri. Selain itu, koperasi juga belum bisa bekerjasama dengan bank dalam hal peminjaman modal dikarenakan bank yang masih memandang koperasi dengan sebelah mata. Bukan tanpa alasan bank bersikap seperti itu, kalau kita cermati, memang pengelolaan koperasi saat ini masih buruk, sehingga menyebabkan bank masih belum bisa percaya sepenuhnya untuk memberikan pinjaman kepada koperasi.
            Dari penjelasan diatas tersebut menjelaskan bahwa wajah koperasi di Indonesia saat ini banyak masalah yang satu persatu harus dibenahi agar menciptakan koperasi Indonesia menjadi lebih baik lagi. Hal yang harus dirubah untuk menjadikan koperasi di Indonesia lebih baik adalah dengan meningkatkan pendidikan dan teknologi dengan cara memberikan penyuluhan kepada generasi muda yang akan memajukan koperasi, sumber daya manusia atau SDM yang tinggi misalnya dengan merekrut pekerja Indonesia yang berkualitas dan berpendidikan. Wajah koperasi di Indonesia saat ini keberadaannya tidak dominan di kalangan masyarakat. Namun disamping kekurangan dan ketertinggalan koperasi, berdirinya koperasi masih menjadi suatu perhitungan, serta keharusan dan juga masih banyak masyarakat yang masih membutuhkan wadah dan merasa mendapatkan keuntungan dan kenyamanan dari hasil kegiatan koperasi meskipun kegiatannya saat ini bisa dikatakan tertinggal.
Sumber: : https://id.wikipedia.org/wiki/Koperasi